Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menjadi Artis

Cara Jadi Artis
Menjadi artis tidak semudah membalikkan telapak tangan, panjang proses yang harus dilalui untuk menyandang status sebagai artis. Bisa masuk tivi bukan berarti otomatis menjadi artis. Walaupun saat ini hampir semua orang berpersepsi jika wajah masuk tivi berarti statusnya artis.

Artis adalah sebuah profesi, baik itu sebagai full time maupun part time. Untuk bisa menjadikan artis sebagai profesi tidaklah instan, apalagi sebagai artis profesional.

Menjadi artis dimulai dari rajin ikut/datang casting, dan mendapatkan banyak job. Tergantung mau jadi artis apa dulu, seni peran, tarik suara atau penari. Dengan semakin banyak job yang didapat lama kelamaan status artis akan disandang.

Bisakah Artis diciptakan dengan instan?

Bisa saja, namun biasanya tidak bertahan lama. Ada dua cara menjadi artis instan.

Pertama, membuat kontroversial dengan artis tertentu maka akan cepat menaikkan nama. Namun cari ini gak baik dan tentu berkonotasi negatif, memanfaatkan aib orang lain. Dan tentu saja tidak bertahan lama menggunakan cara ini.

Kedua, membeli peran. Biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mampu secara finansial, untuk menjadi artis membeli peran kekenalan orang dalam production house. Cara ini sebenarnya rahasia umum dan dilakukan oleh beberapa artis yang awal kemunculannya menggunakan cara ini. Tidak ada jaminan cara ini bisa membuat langgeng dapat job shooting, hanya kemampuan finansial untuk selalu membackup namanya terus bergema agar selalu diingat orang dan faktor "luck" pemirsa menyukainya juga.

Cara "natural" menjadi artis.

Rajin-rajinlah datang casting. Akan lebih baik punya bekal ilmu acting yang mumpuni (bisa didapatkan dari sekolah acting). Namun tidak ada keharusan untuk ikut kelas atau sekolah acting. 

Casting di dunia seni peran biasanya terbagi, yaitu: casting iklan, casting sinetron dan casting film. Ketiganya memiliki karakter masing-masing.

Casting iklan, biasanya lebih disukai mencari pendatang baru. Bisa acting tidaklah menjadi syarat utama, yang penting tidak jaim, tidak pemalu dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Casting sinetron, lebih disukai yang bisa acting. Makin banyak pengalaman actingnya, makin gampang untuk mendapatkan job shooting.

Casting film, wajib bisa acting karena puncak dari gelar menjadi artis adalah berperan dalam sebuah film apalagi film yang diperankan menjadi booming, disutradarai oleh sutradara terkenal yang tidak gampang menembus atau lolos castingnya. Tentu sutradara profesional punya standar tinggi dalam menentukan peran sebuah tokoh.

Kemampuan acting tentu tidak bisa dilakukan secara otodidak, harus ada pembimbingnya (mentoring) yg tentunya mentor tersebut memiliki pengalaman dunia acting yang luas. 
Menjadi artis profesional tidak bisa instan, butuh konsistensi dan kesabaran.

Bagaimana jika tanpa ikut sekolah acting bisakah orang yang masih awam menjadi artis?

Bisa saja, namun tidak bisa instan. Dimulai dari ikut casting iklan dan sering mendapat job shooting (iklan) maka dengan sendirinya acting akan terasah. Namun tentu cara ini butuh waktu, kesabaran dan konsistensi.

Referensi