Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

[Artikel] Susah Lolos Casting?

Bingung gak lolos casting
Udah sering banget ikut casting tapi gak pernah lolos-lolos, atau paling mentok cuma sampai workshop aja, gak pernah tembus sampai shooting. Padahal kalo ikut lomba-lomba fashion show di mall atau lomba foto sering sering juara.
Apasih kendalanya? Apakah ada permainan tertentu untuk meloloskan orang-orang tertentu?


Itu pertanyaan yang sering diajukan ke admin jika ada talent yang sering ikut casting namun gak pernah lolos (atau paling mentok sampai workshop saja, gak sampai lolos shooting).
Ada beberapa hal yang menentukan lolos atau gak-nya talent jika mengikuti suatu castingan.
 

Pertama, Looks; mutlak sesuai keinginan klien. Jika klien mencari looks local (wajah orang indonesia) akan sangat susah looks indo (blasteran), bule dan oriental untuk lolos. Walaupun si talent memiliki wajah cakep dan body yang keren namun memiliki ras bukan sesuai keinginan klien susah untuk lolos.

Kedua, Acting; setelah looks sesuai yang dicari (sesuai keinginan klien) kemampuan acting menjadi pertimbangan selanjutnya. Jika si talent masih kaku untuk acting akan menggangu saat proses shooting (karena harus mengajari acting dulu si talent). Namun hal tersebut bukan suatu hal yang mutlak, terkadang ada beberapa production house (ph) yang tidak mewajibkan talentnya benar-benar bisa acting.
 

Cukup banyak talent, khususnya anak-anak yang orang tuanya ngedumel, merasa udah paling OK dan rajin mengikuti perlombaan bahkan sering menang namun tidak pernah lolos casting. Perlu diketahui oleh semua orang yang ikut casting bahwasannya acting yang dimaksud dalam dunia casting (iklan khususnya) adalah acting "natural", maksudnya melakukan acting yang tidak terlihat dibuat-buat seperti banyak kita saksikan di dunia sinetron. Kebanyakan yang ikut casting meniru acting artis/aktor sinetron-sinetron yang tayang di tv sehingga terkesan tidak natural. Belum lagi saat casting banyak banget ber-acting seperti foto model atau menggunakan costum seperti mau fashion show.


Senyum, salah satu kunci sukses lolos casting.
 Jika ikut casting disarankan berakting secara natural seperti kehidupan sehari-hari, jangan mencontoh acting artis sinetron. Selalu tersenyum saat casting untuk menunjukkan si talent orang-nya ramah.

Referensi